Oleh: sudarwoto | 22 Maret 2009

BIOTEKNOLOGI

Bioteknologi adalah ilmu terapan biologi yang melibatkan mikrobiologi, biokimia, dan rekayasa genetika untuk menghasilkan produk dan jasa.
Bioteknologi dikembangkan untuk meningkatkan nilai tambah bahan mentah dengan memanfaatkan kemampuan mikroorganisme atau bagian-bagiannya, misalnya bakteri dan kapang. Selain itu, bioteknologi juga memanfaatkan sel tumbuhan atau sel hewan yang dibiakkan sebagai konstituen berbagai proses industry.
Penerapan bioteknologi dilakukan melahui pengintegrasian berbagai disiplin ilmu pengetahuan alam dan teknologi, termasuk mikrobiologi, biokimia, genetika, biologi molekuler, kimia, rekayasa proses, dan teknik
kimia.
Proses bioteknologi pada umumnya rnencakup produksi sel atau biomassa dan perubahan (transformasi) kimia yang diinginkan.
Transformasi kimia itu lebih lanjut dapat bagi menjadi dua subbagian, yaitu sebagai berikut:
a. Pembentukan suatu produk akhir yang diinginkan. Contohnya enzim, antibiotik, asam organik, dan steroid.
b. Penguraian suatu bahan baku yang diberikan. Contohnya buangan air limbah, destruksi, buangan industri, atau tumpahan minyak.
Reaksi yang terjadi pada proses bioteknologi dapat bersifat katabolik, yaitu senyawa kompleks diuraikan menjadi senyawa lebih sederhana (misalnya glukosa menjadi etanol); atau bersifat anabolik atau biosintesis, yaitu pembangunan molekul sederhana menjadi molekul yang lebih kompleks (misalnya sintesis antibiotik) Bioteknologi bukan merupakan hal yang baru, dalam kenyataan sudah ada pada masa lalu. Misalnya orang Somaria dan Babilon telah menikmati bir sejak 6.000 SM, orang Mesir telah membuat adonan kue asam sejak tahun 400 SM.
Bukti Pasti bahwa mikroorganisme sanggup melakukan fermentasi (peragian) timbul dari studi permulaan L. Pasteur (1857-1876), sehingga Pasteur dianggap sebagai bapak bioteknologi.
Pada masa kini, bioteknologi bukan hanya dimanfaatkan dalam industri makanan tetapi telah meluas dalam berbagai bidang, misalnya: rekayasa genetika, penanggulangan polusi, penciptaan sumber energi, dan penemuan peralatan medis maupun farmasi dan sebagainya. Berkat penelitian – penelitian selanjutnya serta perkembangan IPTEK, bioteknologi makin maju dan makin besar manfaatnya bagi manusia untuk masa-masa mendatang. Berikut ini akan dibahas manfaat bioteknologi dalam berbagai bidang:


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: