Oleh: sudarwoto | 17 November 2016

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN BIOLOGI KELAS XII

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Mata Pelajaran                        : Biologi (Peminatan)

Satuan pendidikan                  : SMA Negeri 1 Menganti

Kelas/Semester                        : XII/1

Alokasi Waktu                        : 4 Jam Pelajaran

  1. Kompetensi Inti
  2. Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
  3. Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
  4. Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
  5. Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
  6. Kompetensi Dasar:

1.1. Mengagumi keteraturan dan kompleksitas ciptaan Tuhan tentang struktur dan fungsi sel, jaringan, organ penyusun sistem dan bioproses yang terjadi pada makhluk hidup.

1.2. Menyadari dan mengagumi pola pikir ilmiah dalam kemampuan mengamati bioproses.

1.3. Peka dan peduli terhadap permasalahan lingkungan hidup, menjaga dan menyayangi lingkungan sebagai manifestasi pengamalan ajaran agama yang dianutnya.

2.1. Berperilaku ilmiah: teliti, tekun, jujur terhadap data dan fakta, disiplin, tanggung jawab, dan peduli dalam observasi dan eksperimen, berani dan santun dalam mengajukan pertanyaan dan berargumentasi, peduli lingkungan, gotong royong, bekerja sama, cinta damai, berpendapat secara ilmiah dan kritis, responsif dan proaktif dalam setiap tindakan dan dalam melakukan pengamatan dan percobaan di dalam kelas/laboratorium maupun di luar kelas/laboratorium.

2.2. Peduli  terhadap keselamatan diri dan lingkungan dengan menerapkan prinsip keselamatan kerja saat melakukan kegiatan pengamatan dan percobaan di laboratorium dan di lingkungan sekitar.

3.1. Menganalisis hubungan antara faktor internal dan eksternal dengan proses pertumbuhan dan perkembangan pada makhluk hidup berdasarkan hasil percobaan.

4.1. Merencanakan dan melaksanakan percobaan tentang faktor luar yang memengaruhi proses pertumbuhan dan perkembangan  tanaman, dan melaporkan secara tertulis dengan menggunakan tatacara penulisan ilmiah yang benar.

  1. Indikator
  2. Mengidentifikasi hubungan antara faktor internal dan eksternal dengan proses pertumbuhan dan perkembangan pada makhluk hidup berdasarkan hasil percobaan.
  3. Merencanakan dan melaksanakan percobaan tentang faktor luar yang memengaruhi proses pertumbuhan dan perkembangan tanaman.
  4. Melaporkan hasil percobaan tentang faktor luar yang memengaruhi proses pertumbuhan dan perkembangan tanaman secara tertulis.
  5. Tujuan Pembelajaran

Setelah mengikuti pembelajaran ini, peserta didik diharapkan mampu:

  1. Menyebutkan hubungan antara faktor internal dan eksternal dengan proses pertumbuhan dan perkembangan pada makhluk hidup;
  2. Merencanakan dan dan melaksanakan percobaan tentang faktor luar yang memengaruhi proses pertumbuhan dan perkembangan tanaman;
  3. Melaporkan hasil percobaan tentang faktor luar yang memengaruhi proses pertumbuhan dan perkembangan tanaman secara tertulis dengan tatacara penulisan ilmiah yang benar.
  4. Materi Pembelajaran
  5. Pertumbuhan dan perkembangan
  • Faktor luar danfaktor dalam pada pertumbuhan
  1. Merencanakan dan melaksanakan percobaan
  • Mengkaji hasil kerja ilmiah (contoh kerja ilmiah)
  1. Pendekatan, Strategi, dan Pendekatan Pembelajaran
  2. Model Pembelajaran             : Discovery Learning
  3. Strategi Pembelajaran             : Kooperatif
  4. Pendekatan Pembelajaran : Saintifik
  5. Kegiatan Pembelajaran
Tahap Uraian Kegiatan
Pendahuluan 1.      Guru mengucap salam dan memimpin doa untuk memulai pelajaran.

2.      Guru menyampaikan materi dan tujuan pembelajaran yang akan dicapai dari kegiatan pembelajaran.

Inti Mengamati

·      Siswa mengamati pertumbuhan pada tumbuhan.

·      Siswa membaca teks pertumbuhan pada tumbuhan.

·      Siswa mengkaji hasil kerja ilmiah (contoh kerja ilmiah).

·      Siswa melaksanakan langkah-langkah melakukan percobaan menurut kerja ilmiah dari hasil diskusi dan mengkaji contoh karya ilmiah dari berbagai sumber.

Menanya

·      Siswa distimulir untuk membuat pertanyaan  yang menuntut aktivitas berfikir kritis tentang konsep pertumbuhan dan perkembangan mahluk hidup dan faktor-faktor yang memengaruhi pertumbuhan  dan perkembangannya.

·      Siswa mengajukan pertanyaan tentang langkah-langkah eksperimen dan penyusunan laporan hasil eksperimen.

Eksplorasi

·      Siswa menggali informasi tentang konsep pertumbuhan dan perkembangan mahluk hidup  melalui tayangan Video.

·      Siswa mendiskusikan tentang  konsep pertumbuhan dan perkembangan makhluk hidup menggunakan KMS.

·      Siswa mendiskusikan tentang faktor-faktor yang mempengaruhi petumbuhan makhluk hidup.

·      Siswa mendiskusikan rancangan dan usulan penelitian tentang faktor luar yang mempengaruhi pertumbuhan pada makhluk hidup.

·      Siswa melaksanakan eksperimen sesuai dengan usulan yang disusun dan sudah disepakati setiap kelompok.

·      Siswa melakukan pengamatan eksperimen, mencatat data.

Menalar/Mengasosiasi

·      Siswa membaca dan menganalisis grafik pertumbuhan dari KMS untuk mendapatkan konsep pertumbuhan dan perkembangan.

·      Siswa menarik kesimpulan tentang konsep pertumbuhan dan perkembangan serta faktor-faktor yang mempengaruhinya, kemudian mempresentasikannya  dengan berbagai media.

·      Siswa mengolah data hasil eksperimen.

·      Siswa secara berkelompok menjawab permasalahan yang muncul.

·      Siswa menyimpulkan hasil pengamatan.

·      Siswa menarik kesimpulan dari hasil diskusi mengenai usulan penelitian.

Mengomunikasikan 

·      Siswa mempresentasikan  hasil kajian dan diskusi tentang konsep pertumbuhan dan perkembangan.

·      Siswa menyusun usulan penelitian tentang faktor luar yang mempengaruhi pertumbuhan tanaman dalam bentuk laporan tertulis.

·      Siswa melaporkan hasil eksperimen secara lisan (presentasi)  dan tertulis.

Penutup 1.      Berdoa untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran.

2.      Mengucap salam.

 

  1. Penilaian Proses dan Hasil

Pengetahuan:

Tes

  • Konsep pertumbuhan dan perkembangan.
  • Membuat outline perencanaan percobaan.
  • Pemahaman tentang hasil percobaan dan kesimpulan.
  • Pemahaman tentang hal-hal yang harus dilakukan dalam melakukan percobaan.
  • Pemahaman tentang faktor luar dan faktor dalam terhadap pertumbuhan.

Sikap:

  • Observasi Sikap Ilmiah dan keselamatan kerja.

 Keterampilan:

  • Observasi Kinerja
  • Kerja Ilmiah

Portofolio

  • Laporan Percobaan
  1. Contoh Instrumen untuk Penilaian

 

  1. Sumber Belajar
  • Video pertumbuhan dan perkembangan
  • Buku Biologi untuk SMA Kelas XII
  • Buku Pendamping Biologi Kelas XII

 

 

Mengetahui,                                                                              Gresik, 19 Juli 2015

Kepala Sekolah                                                                         Guru Mata Pelajaran

 

 

Muhammad Fadloli, S.Pd.,M.M.                                               S u d a r w o t o, S.Pd.

NIP.19681028 199801 1 001                                                   NIP.19690810 199802 1 003

 

 

 

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Mata Pelajaran                        : Biologi (Peminatan)

Satuan pendidikan                  : SMA Negeri 1 Menganti

Kelas/Semester                        : XII/1

Alokasi Waktu                        : 3 x 4 Jam pelajaran

  1. Kompetensi Inti
  2. Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
  3. Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
  4. Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
  5. Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
  6. Kompetensi Dasar:

1.1. Mengagumi keteraturan dan kompleksitas ciptaan Tuhan tentang struktur dan fungsi sel, jaringan, organ penyusun sistem dan bioproses yang terjadi pada makhluk hidup.

1.2. Menyadari dan mengagumi pola pikir ilmiah dalam kemampuan mengamati bioproses.

1.3. Peka dan peduli terhadap permasalahan lingkungan hidup, menjaga dan menyayangi lingkungan sebagai manifestasi pengamalan ajaran agama yang dianutnya.

2.1. Berperilaku ilmiah: teliti, tekun, jujur terhadap data dan fakta, disiplin, tanggung jawab, dan peduli dalam observasi dan eksperimen, berani dan santun dalam mengajukan pertanyaan dan berargumentasi, peduli lingkungan, gotong royong, bekerja sama, cinta damai, berpendapat secara ilmiah dan kritis, responsif dan proaktif dalam setiap tindakan dan dalam melakukan pengamatan dan percobaan di dalam kelas/laboratorium maupun di luar kelas/laboratorium.

2.2. Peduli  terhadap keselamatan diri dan lingkungan dengan menerapkan prinsip keselamatan kerja saat melakukan kegiatan pengamatan dan percobaan di laboratorium dan di lingkungan sekitar.

3.2. Memahami peran enzim dalam proses  metabolisme  dan menyajikan data tentang proses metabolisme berdasarkan hasil investigasi dan studi literatur untuk memahami proses pembentukan energi pada mahluk hidup.

4.2.  Melaksanakan percobaan dan menyusun laporan hasil percobaan tentang cara kerja enzim, fotosintesis, respirasi anaerob secara tertulis dengan berbagai media.

  1. Indikator
  2. Mengetahui peran enzim dalam proses metabolisme.
  3. Menyajikan data tentang proses metabolisme berdasarkan hasil investigasi dan studi literatur untuk memahami proses pembentukan energi pada mahluk hidup.
  4. Melaksanakan percobaan dan menyusun laporan hasil percobaan tentang cara kerja enzim, fotosintesis, respirasi anaerob secara tertulis dengan berbagai media.
  5. Tujuan Pembelajaran

Setelah mengikuti pembelajaran ini, peserta didik diharapkan mampu:

  1. menyebutkan peran enzim dalam proses metabolisme;
  2. menyajikan data tentang proses metabolisme berdasarkan hasil investigasi dan studi literatur;
  3. melaksanakan percobaan dan menyusun laporan hasil percobaan tentang cara kerja enzim, fotosintesis, respirasi anaerob secara tertulis dengan berbagai media.
  4. Materi Pembelajaran

Enzim dan Metabolisme

  1. Pendekatan, Strategi, dan Pendekatan Pembelajaran
  2. Model Pembelajaran : Discovery Learning
  3. Strategi Pembelajaran : Kooperatif
  4. Pendekatan Pembelajaran : Saintifik
  5. Kegiatan Pembelajaran
Tahap Uraian Kegiatan
Pendahuluan 1.      Guru mengucap salam dan memimpin doa untuk memulai pelajaran.

2.      Guru menyampaikan materi dan tujuan pembelajaran yang akan dicapai dari kegiatan pembelajaran.

Inti Mengamati

·      Siswa melakukan percobaan mengunyah nasi sebanyak 32 kali kunyah dan merasakan sensasi manis pada nasi/karbohidrat lainnya.

·      Siswa menonton video/gambar  tentang aktivitas yang memerlukan dan menghasilkan energi.

·      Siswa mengkaji literatur tentang katabolisme karbohidrat, protein, dan lemak.

·       Siswa melihat tayangan animasi /gambar/ diagram  pemanfaatan energi matahari oleh tumbuhan.

·      Siswa mengkaji berbagai sumber tentang bahan, proses, tempat berlangsung serta hasil dari fotosintesis.

Menanya 

·      Siswa menanyakan tentang enzim berdarkan percobaan yang dilakukan dan ilustrasi fungsi enzim.

·      Siswa menanyakan perbedaaan antara respirasi dan fermentasi.

·      Siswa menanyakan proses metabolisme dalam respirasi dan fermentasi.

·      Siswa menanyakan fungsi cahaya, zat yang dihasilkan, serta hal-hal yang diperlukan dalam proses fotosintesis.

Eksplorasi

·      Siswa menggali informasi tentang kerja enzim pada proses pencernaan di mulut, lambung dan usus dua belas jari (apa persamaan dan perbedaannya) untuk dapat menyimpulkan bahwa enzim memiliki sifat khas dan cara kerja tertentu.

·      Siswa melakukan percobaan tentang faktor-faktor yang mempengaruhi kerja enzim katalase.

·      Siswa mendiskusikan tentang proses  katabolisme (respirasi aerob dan fermentasi) menyangkut bahan,proses, tempat berlangsung dan hasilnya.

·      Siswa membandingkan kedua proses dan menyimpulkan apa kelebihan dan kekurangan antara kedua proses di atas.

·      Siswa melakukan percobaan fermentasi  alkohol oleh jamur Saccharimyces cereviceae dengan proses dan hasil yang tepat.

·      Siswa mendiskusikan tentang penerapan proses katabolisme dalam kehidupan.

·      Siswa melakukan observasi pasar untuk mengidentifikasi produk-produk yang menerapkan proses katabolisme.

·      Siswa melakukan berbagai percobaan fotosintesis (Ingenhouze. Sachs).

·      Siswa melakukan diskusi kelas / kelompok tentang hasil percobaan dikaitkan dengan konsep tentang bahan, proses, tempat berlangsung serta hasil fotosintesis.

Menalar/Mengasosiasi

·      Siswa mendiskusikan hasil percobaan uji kerja enzim katalase dan mengkaitkan dengan sifat-sifat enzim dari hasil kajian literatur.

·      Siswa menyimpulkan tentang sifat, fungsi dan kerja enzim .

·      Siswa mengolah data  hasil percobaan, dan menyimpulkan tentang proses katabolisme.

·      Siswa mengkaitkan penerapan proses katabolisme dengan produk-produk makanan, minuman, obat-obatan/suplement dan melaporkan dalam bentuk tabel.

·      Siswa menjawab permasalahan dalam kehidupan yang berkaitan dengan proses metabolism.

·      Siswa mendiskusikan dan menganalisis data hasil percobaan.

·      Siswa menarik kesimpulan hasil percobaan dan hasil diskusi dan mempresentasikan hasilnya di depan kelas.

Mengomunikasikan 

·      Siswa menyusun laporan hasil percobaan secara tertulis.

·      Siswa menyusun laporan hasil percobaan fermentasi.

·      Siswa menyusun tabel produk yang menerapkan proses katabolisme.

·      Siswa menyusun laporan hasil praktikum.

·      Siswa mempresentasikan hasil diskusi dan hasil praktikum tentang pemenuhan energi pada fotosintesis.

Penutup 1.      Berdoa untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran.

2.      Mengucap salam.

 

  1. Penilaian Proses dan Hasil

Sikap:

Observasi

  • Kerja ilmiah dan keselamatan kerja saat melakukan pengamatan.
  • Sikap ilmiah dalam diskusi dan mengerjakan tugas di rumah

Pengetahuan:

Tugas

  • Membuat sablon, souvenir, dompet, tas dengan hiasan dari struktur jaringan pada tumbuhan dan hewan.
  • Pemahaman konsep berdasarkan tanya jawab selama proses pembelajaran.
  • Mencari informasi tentang katabolisme karbohidrat.
  • Membuat bagan dari barnag bekas untuk menunjukkan proses katabolisme.
  • Mencari informasi tentang anabolisme.
  • Membuat bagan dari barang bekas untuk menunjukkan proses anabolisme

Tes

  • Konsep tentang jaringan pada tumbuhan dan hewan, dan hubungannya dengan fungsinya.
  • Kosa kata baru dalam konsep jaringan tumbuhan dan hewan.
  • Konsep katabolisme dan keterkaitan antara katabolisme karbohidrat, protein dan lemak.
  • Produk berbasis proses katabolisme.
  • Konsep anabolisme pada fotosintesia dan keterkaitan

 

Keterampilan

  • Portofolio
  • Laporan pengamatan (format dan isi laporan)
  1. Sumber Belajar
  • Buku Biologi untuk SMA Kelas XIII
  • Buku Pendamping Biologi Kelas XIII
  • Peralatan Laboratorium untuk uji sifat dan kerja enzim

 

 

 

Mengetahui,                                                                        Gresik, 19 Juli 2015

Kepala Sekolah                                                                   Guru Mata Pelajaran

 

 

Muhammad Fadloli, S.Pd.,M.M.                                        S u d a r w o t o, S.Pd.

NIP.19681028 199801 1 001                                             NIP.19690810 199802 1 003

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Mata Pelajaran                        : Biologi (Peminatan)

Satuan Pendidikan                  : SMA Negeri 1 Menganti

Kelas/Semester                        : XII/1

Alokasi Waktu                        : 4 Jam pelajaran

  1. Kompetensi Inti
  2. Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
  3. Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
  4. Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
  5. Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
  6. Kompetensi Dasar:

1.1. Mengagumi keteraturan dan kompleksitas ciptaan Tuhan tentang struktur dan fungsi sel, jaringan, organ penyusun sistem dan bioproses yang terjadi pada makhluk hidup.

1.2. Menyadari dan mengagumi pola pikir ilmiah dalam kemampuan mengamati bioproses.

1.3. Peka dan peduli terhadap permasalahan lingkungan hidup, menjaga dan menyayangi lingkungan sebagai manifestasi pengamalan ajaran agama yang dianutnya.

2.1. Berperilaku ilmiah: teliti, tekun, jujur terhadap data dan fakta, disiplin, tanggung jawab, dan peduli dalam observasi dan eksperimen, berani dan santun dalam mengajukan pertanyaan dan berargumentasi, peduli lingkungan, gotong royong, bekerja sama, cinta damai, berpendapat secara ilmiah dan kritis, responsif dan proaktif dalam setiap tindakan dan dalam melakukan pengamatan dan percobaan di dalam kelas/laboratorium maupun di luar kelas/laboratorium.

2.2. Peduli  terhadap keselamatan diri dan lingkungan dengan menerapkan prinsip keselamatan kerja saat melakukan kegiatan pengamatan dan percobaan di laboratorium dan di lingkungan sekitar.

3.3. Menganalisis  keterkaitan antara struktur dan fungsi gen, DNA, kromosom dalam proses penurunan sifat pada mahluk hidup serta menerapkan prinsip-prinsip pewarisan sifat dalam kehidupan.

4.3. Membuat model untuk mensimulasi proses sintesis protein serta peran DNA dan kromosom dalam proses pewarisan sifat.

  1. Indikator
  2. Menganalisis keterkaitan antara struktur dan fungsi gen, DNA, kromosom dalam proses penurunan sifat pada mahluk hidup.
  3. Menerapkan prinsip-prinsip pewarisan sifat dalam kehidupan.
  4. Mensimulasikan proses sintesis protein serta peran DNA dan kromosom dalam proses pewarisan sifat.
  5. Tujuan Pembelajaran

Setelah mengikuti pembelajaran ini, peserta didik diharapkan mampu:

  1. mengidentifikasi keterkaitan antara struktur dan fungsi gen, DNA, kromosom dalam proses penurunan sifat pada mahluk hidup;
  2. menerapkan prinsip-prinsip pewarisan sifat dalam kehidupan;
  3. mensimulasikan proses sintesis protein serta peran DNA dan kromosom dalam proses pewarisan sifat.
  4. Materi Pembelajaran

Materi Genetik:

  • Gen, DNA, Kromosom
  • Sintesa protein dan pembentukan sifat mahluk hidup
  1. Pendekatan, Strategi, dan Pendekatan Pembelajaran
  2. Model Pembelajaran : Discovery Learning
  3. Strategi Pembelajaran : Kooperatif
  4. Pendekatan Pembelajaran : Saintifik
  5. Kegiatan Pembelajaran
Tahap Uraian Kegiatan
Pendahuluan 1.      Guru mengucap salam dan memimpin doa untuk memulai pelajaran.

2.      Guru menyampaikan materi dan tujuan pembelajaran yang akan dicapai dari kegiatan pembelajaran.

Inti Mengamati 

·      Siswa melihat diagram (gambar ) /menonton  tayangan animasi sintesa protein.

Menanya

·      Siswa dimotivasi dan distimulir untuk membuat pertanyaan produktif tentang hubungan antara DNA, gen dan kromosom dari hasil tayangan yang telahg diamati.

Eksplorasi

·       Siswa melihat animasi / gambar struktur, sifat dan fungsi dan letak DNA, RNA dalam proses replikas. Transkripsi dan translasi. Sintesa protein dan mengkaitkannya dengan pembentukan sifat pada mahluk hidup.

·      Siswa mengkaji tentang konsep gen, DNA dan kromosom melalui tanyangan animasi/ gambar tentang struktur DNA, Gen dan Kromosom.

·      Siswa membuat model atau gambar untuk memahami struktur DNA.  dari bahan-bahan limbah yang aman.

·      Siswa mensimulasikan hubungan antara sintesa protein dengan pembentukan sifat pada mahluk hidup dengan melakukan analisis suatu DNA mahluk serta menggambarkan sifat yang dibentuk menjadi suatu ujud mahluk hidup.

·      Siswa mengamati ekstraksi DNA buah-buahan untuk memahami peran DNA dalam kasus-kasus kriminalitas.

·      Siswa melakukan pengamatan Kromosom Drosophila melano gaster (Mikroskop).

Menalar/Mengasosiasi

·      Siswa mendiskusikan  hasil pengamatan, simulasi  dan hasil eksperimen dihubungkan dengan kenyataan yang bisa terjadi pada setiap tubuh mahluk hidup termasuk dirinya dan mahluk-mahluk lain.

·      Siswa menyusun kesimpulan hubungan antara DAN, gen , kromosom, sintesa protein dan membentukan sifat pada mahluk hidup dan mempresentasikan hasilnya per kelompok.

Mengomunikasikan

·      Siswa menyusun laporan hasil diskusi dan eksperimen.

Penutup 1.      Berdoa untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran.

2.      Mengucap salam.

 

  1. Penilaian Proses dan Hasil

Sikap:

Observasi

  • Kerja ilmiah dan keselamatan kerja siswa selama kegiatan pengamatan dan percobaan.

Pengetahuan:

Tugas

  • Membuat model struktur Kimia DNA

Tes

  • Membuat bagan hubungan antara gen, DNA,kromosom

Keterampilan

  • Portofolio
  • Hasil laporan tertulis kemampuan menulis judul kelogisan dengan isi pembahasan.
  1. Contoh Instrumen untuk Penilaian

 

  1. Sumber Belajar
  • Diagram/ gambar kromosom dan DNA
  • Buku Biologi untuk SMA Kelas XIII
  • Buku Pendamping Biologi Kelas XIII
  • Peralatan dan bahan untuk membuat model DNA

 

 

 

Mengetahui,                                                                               Gresik, 19 Juli 2015

Kepala Sekolah                                                                          Guru Mata Pelajaran

 

 

Muhammad Fadloli, S.Pd.,M.M.                                               S u d a r w o t o, S.Pd.

NIP.19681028 199801 1 001                                                   NIP.19690810 199802 1 003

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Mata Pelajaran                        : Biologi (Peminatan)

Satuan pendidikan                  : SMA Negeri 1 Menganti

Kelas/Semester                        : XII/1

Alokasi Waktu                        : 4 Jam pelajaran

  1. Kompetensi Inti
  2. Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
  3. Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
  4. Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
  5. Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
  6. Kompetensi Dasar:

1.1. Mengagumi keteraturan dan kompleksitas ciptaan Tuhan tentang struktur dan fungsi sel, jaringan, organ penyusun sistem dan bioproses yang terjadi pada makhluk hidup.

1.2. Menyadari dan mengagumi pola pikir ilmiah dalam kemampuan mengamati bioproses.

1.3. Peka dan peduli terhadap permasalahan lingkungan hidup, menjaga dan menyayangi lingkungan sebagai manifestasi pengamalan ajaran agama yang dianutnya.

2.1. Berperilaku ilmiah: teliti, tekun, jujur terhadap data dan fakta, disiplin, tanggung jawab, dan peduli dalam observasi dan eksperimen, berani dan santun dalam mengajukan pertanyaan dan berargumentasi, peduli lingkungan, gotong royong, bekerja sama, cinta damai, berpendapat secara ilmiah dan kritis, responsif dan proaktif dalam setiap tindakan dan dalam melakukan pengamatan dan percobaan di dalam kelas/laboratorium maupun di luar kelas/laboratorium.

2.2. Peduli  terhadap keselamatan diri dan lingkungan dengan menerapkan prinsip keselamatan kerja saat melakukan kegiatan pengamatan dan percobaan di laboratorium dan di lingkungan sekitar.

3.4  Menganalisis proses pembelahan sel.

4.4  Menyajikan data hasil analisis pembelahan sel.

 

  1. Indikator
  2. Menganalisis proses pembelahan sel.
  3. Menyajikan data hasil analaisis pembelahan sel.
  4. Tujuan Pembelajaran

Setelah mengikuti pembelajaran ini, peserta didik diharapkan mampu:

  1. mengidentifikasi proses pembelahan sel;
  2. menyajikan data hasil analaisis pembelahan sel.
  3. Materi Pembelajaran

Pembelahan sel

  • Mitosis
  • Meiosis
  1. Pendekatan, Strategi, dan Pendekatan Pembelajaran
  2. Model Pembelajaran : Discovery Learning
  3. Strategi Pembelajaran : Kooperatif
  4. Pendekatan Pembelajaran : Saintifik
  5. Kegiatan Pembelajaran
Tahap Uraian Kegiatan
Pendahuluan 1.      Guru mengucap salam dan memimpin doa untuk memulai pelajaran.

2.      Guru menyampaikan materi dan tujuan pembelajaran yang akan dicapai dari kegiatan pembelajaran.

Inti Mengamati

·      Siswa mengkaji literatur tentang mitosis dan Meiosis.

·      Siswa melihat diagram/gambar atau menonton animasi tentang pembelahan mitosis dan meiosis (gametogenesis).

Menanya

·      Siswa memberikan pertanyaan tentang konsep Meiosis, gametogenesis pada tumbuhan dan hewan dan fungsi gamet pada mahluk hidup.

Eksplorasi

·      Siswa mendiskusikan tentang Mitosis, Meiosis, gametogenesis tentang tujuan,  proses dan hasilnya.

·      Siswa menghubungkan  proses fertilisasi pada mahluk hidup dan mengkaitkan persatuan inti (yang mengandung kromosom) antara sperma dan ovum sehingga keduanya akan berpasangan membentuk sifat-sifat pada individu yang dibentuknya.

Menalar/Mengasosiasi

·      Siswa menarik kesimpulan tentang persamaan dan perbedaan antara mitosis dan meiosis, oogenesis dan spermatogenesis, serta pembentukan sifat pada anak gabungan sifat yang dibawa oleh kedua jenis gamet orang tuanya.

Mengomunikasikan

·      Siswa memaparkan hasil diskusi dan pearikan kesimpulan secara lisan.

Penutup 1.      Berdoa untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran.

2.      Mengucap salam.

 

  1. Penilaian Proses dan Hasil

Sikap:

Observasi

  • Kerja ilmiah, sikap ilmiah dan keselamatan kerja

Pengetahuan:

Tugas

  • Membuat bagan proses mitosis dan meiosis

Portofolio

  • Laporan tertulis hasil kegiatan praktikum

 

Tes

  • Menilai pemahaman tentang konsep mitosis dan meiosis.
  • Pemahaman perbedaan mitosis dan meiosis.
  • Mengaitkan kegagalan proses mitosis dan meiosis terhadap cacat pada makhluk hidup.
  1. Contoh Instrumen untuk Penilaian

 

  1. Sumber Belajar
  • Buku siswa
  • Buku Biologi untuk SMA Kelas XIII
  • Buku Pendamping Biologi Kelas XIII
  • Charta mitosis dan meiosis

 

Mengetahui,                                                                               Gresik, 19 Juli 2015

Kepala Sekolah                                                                          Guru Mata Pelajaran

 

 

Muhammad Fadloli, S.Pd.,M.M.                                               S u d a r w o t o, S.Pd.

NIP.19681028 199801 1 001                                                   NIP.19690810 199802 1 003

 

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Mata Pelajaran                        :  Biologi (Peminatan)

Satuan pendidikan                  :  SMA Negeri 1 Menganti

Kelas/Semester                        :  XII/1

Alokasi Waktu                        :  4 Jam Pelajaran (2 X pertemuan)

 

  1. Kompetensi Inti
  2. Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural dan metakognitif berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
  3. Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan

 

  1. Kompetensi Dasar:

3.5  Memahami pola-pola Hukum Mendel.

4.5  Mengaitkan pola-pola Hukum Mendel dengan peristiwa yang ditemukan sehari-hari (hereditas pada manusia).

 

  1. Indikator
  2. Memahami pola-pola Hukum Mendel.
  3. Mengaitkan pola-pola Hukum Mendel dengan peristiwa yang ditemukan sehari-hari (hereditas pada manusia).

 

  1. Tujuan Pembelajaran

Setelah mengikuti pembelajaran ini, peserta didik diharapkan mampu:

  1. menjelaskan pola-pola Hukum Mendel;
  2. Mengaitkan pola-pola Hukum Mendel dengan peristiwa yang ditemukan sehari-hari (hereditas pada manusia).

 

  1. Materi Pembelajaran

Hukum Mendel dan penyimpangan semu Hukum Mendel

  • Permasalahan Interaksi
  • Kripstomeri
  • Epistasis/hipostatis
  • Komplementer
  • Polimeri
  • Hereditas Pada
  1. Pendekatan, Strategi, dan Pendekatan Pembelajaran
  2. Model Pembelajaran : Discovery Learning
  3. Strategi Pembelajaran : Kooperatif
  4. Pendekatan Pembelajaran : Saintifik

 

  1. Kegiatan Pembelajaran
Tahap Uraian Kegiatan
Pendahuluan 1.      Guru mengucap salam dan memimpin doa untuk memulai pelajaran.

2.      Guru menyampaikan materi dan tujuan pembelajaran yang akan dicapai dari kegiatan pembelajaran.

3.      Guru membagi siswa menjadi 6 (enam kelompok).

4.      Guru membagikan lembar kerja siswa.

Inti Mengamati 

·      Siswa membaca literatur tentang istilah-istilah: allele, genotip, fenotip, dan gamet.

·      Siswa mempelajari pewarisan sifat menurut Mendel , pewarisan sifat menurut penyimpangan semu Hukum Mendel.

·      Siswa mengamati keanekaragam gen, dan  jenis pada lingkungan sekitar (keluarga, teman sekolah, tetangga, dll). 

 

Menanya 

·      Siswa menanyakan tentang persamaan dan perbedaan sifat keturunan dari makhluk hidup di lingkungan sekitar.

·      Siswa menanyakan sebab-sebab yang melatarbelakangi persamaan dan perbedaan sifat keturunan makhluk hidup.

·      Siswa menanyakan ciri ciri mahluk hidup yang diwariskan (misalnya ciri-ciri tubuh dalam anggota keluarga siswa).

·      Siswa menanyakan proses pewarisan sifat.

 

Eksplorasi

·      Siswa mendemonstrasikan pembentukan gamet menggunakan kancing genetika/baling-baling genetika.

·      Siswa melakukan simulasi persilangan monohibrid dan dihibrida menggunakan kancing genetika/baling-baling genetika.

·      Siswa mengkaitkan hasil demonstrasi dan simulasi dengan kajian literatur tentang pola penurunan sifat menurut Mendel (Hukum Mendel I dan II).

·      Siswa membuat bagan persilangan monohibrid dan dihibrid mulai dari membuat simbul gen, gamet, genotip dan menentukan fenotip  induk dan menentukan ratio genotip dan fenotip  F1 dan F 2 nya menggunakan sistem papan catur atau sistem garpu.

·      Siswa membuat tabel dan bagan persilangan sifat – sifat yang diwariskan pada manusia.   

 

Menalar/Mengasosiasi

·      Siswa mengerjakan latihan soal persilangan monohibrid dan dihibrid pada berbagai organisme (tumbuhan, hewan, dan manusia).

·      Siswa membuat kesimpulan tentang hereditas pada manusia sesuai dengan kaidah hukum mendel.

 

Mengomunikasikan

·      Siswa mempresentasikan  hasil percobaannya di depan kelas 

Penutup 1.      Berdoa untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran.

2.      Mengucapkan salam.

 

  1. Penilaian Proses dan Hasil

Pengetahuan:

Tugas

  • Membuat model pewarisan sifat sesuai pengamatan yang dilakukan pada hewan atau tumbuhan di sekitarnya.

Tes

  • Pemahaman tentang pola-pola pewarisan sifat dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari.

 

  1. Sumber Belajar
  • Buku Biologi siswa
  • Buku Biologi untuk SMA Kelas XII
  • Buku Pendamping Biologi/LKS Kelas XII
  • Kotak dan kancing genetika / baling-baling genetika

 

 

 

Mengetahui,                                                                               Gresik, 27 Juli 2015

Kepala Sekolah                                                                          Guru Mata Pelajaran

 

 

Muhammad Fadloli, S.Pd.,M.M.                                               S u d a r w o t o, S.Pd.

NIP.19681028 199801 1 001                                                   NIP.19690810 199802 1 003

 

 

 

 

 

 

 

 

 


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: